Sedikit Cerita Tentang Monsters University

dari pixartalk.com
Kemarin, gue nonton Monsters University. Baru kali ini gue nonton animasi Pixar di bioskop hahaha. Animasi yang gue suka (sebenernya gue suka semua animasi buatan Pixar). Gue nonton bareng dua temen gue. Govar dan Widya.
Kesan yang gue dapet setelah nonton ini adalah Keren-tapi-cenderung-biasa-biasa-aja. Karena target pasarnya adalah anak-anak yang pemikirannya belum kompleks seperti orang dewasa.
Sebelum film-nya mulai, kita disuguhi dulu Animated Short Movie yang berjudul The Blue Umbrella. Gue tau banget, ini pasti promosi untuk DVD Pixar Short Movies 2. Yang pertama gue minta dari kakak gue. Kalo mau cari, mungkin di pirate bay ada, ori-nya mungkin masih ada di toko DVD. Blue Umbrella ini bercerita tentang payung ceria di tengah hujan yang bertemu dengan payung merah. Seketika payung biru tertarik dengan payung merah. Tapi apadaya pemiliknya payung dari kedua belah pihak berjalan berlawanan arah. Lalu, secara tiba-tiba payung biru terbawa angin dan lalu jatuh dan tertabrak mobil. Walhasil payung penyok, tapi akhirnya pemiliknya datang dan si payung merah pun juga ada disitu. Pasangan Pemilik dan payungnya pun bersatu. Tamat.
Lalu kita pulang. Loh, Monster University-nya juga belom -_-
Setelah si Payung biru yang menemukan cinta ini pun selesai. Mulailah Monsters University. Cerita dimulai. Awalnya sih, film ini menceritakan pengalaman Mike Wazowski waktu kecil yang selalu gak punya temen saat tur dari sekolahnya. Gue dulu ngira kalo Mike dan Sullivan ini berteman dari kecil, ternyata tidak. Mike dan teman sekolahnya mengadakan tur ke Monsters Inc. Yang slogannya adalah "We Scare Because We Care" Entah gue baru sadar apa emang udah ada dari Monsters Inc. Tapi keren juga haha.
Di saat tur. Mike termotivasi oleh salah satu Scarer (pekerjaan monster buat nakut-nakutin anak kecil) yang memakai topi Monsters University. Dia akhirnya pun masuk Monsters University.
Setelah di dalam Monsters University, si Mike sekamar dengan Randall 'Randy' Boggs (Rival dia di Monster Inc. Yang mirip bunglon). Dia dulunya berteman akrab sampai diceritakan malah membenci Mike. Saat belajar di kelas pertama dengan Randy, tiba-tiba munculan Sullivan dengan aungannya. Bocah tengil yang diceritakan bapaknya adalah salah satu Scarer terbaik. Awalnya mereka itu gak berteman seperti halnya di Monsters Inc. Dan di Monsters University diceritakanlah kenapa mereka berteman karena adanya Scaring Games (atau Scarer Games gue lupa haha). Mike ikut Scaring Games karena dia mau membuktikan kepada Dekan Monster University kalo dia bisa nakutin (karena dari dulu dia dianggap gak serem).
Alhasil bergabunglah Mike dengan Oozma Kappa, klub orang-orang nerd dan terabaikan. Sullivan pun ikut masuk karena syarat untuk ikut Games itu harus ada 6 monster. Sedangkan Oozma Kappa hanya 5.
Diceritakanlah bagaimana Mike, Sullivan, dengan Oozma Kappa berjuang mengikuti Scaring Games hingga nanti mereka bekerja di Monster Inc.
Menurut gue, banyak pesen moral dari film ini. Misalkan:
1. Fokus ke satu tujuan
Mike fokus untuk masuk ke Monsters University dan menjadi The Best Scarer.
2. Pentingnya Proses
Oozma Kappa dianggap nerd yang gak bisa apa-apa. Tapi mereka berjuang untuk menjadi yang terbaik dengan terus mengasah kemampuan. Dan terbukti berhasil!
3. Kita Gak Bisa Merubah Jati Diri Seseorang.
Diceritakan karena kesalahan Mike, Oozma Kappa dibuat malu. Kesalahan ini terjadi karena Mike gak mau Oozma Kappa dianggap Nerd. Padahal, itulah jati diri mereka.
4. Semua Dimulai Dari Nol
Diakhir film, diceritakan bagaimana si Sullivan dan Mike memulai karir di Monsters Inc. Dari pengantar surat, sampai akhirnya menjadi Scarer Partner Terbaik. Semuanya dari nol!
Sekian kayaknya itu aja yang bisa gue review dari film Monsters University ini. Sekian. :D

Comments

Popular posts from this blog

Nyobain Sate Taichan Goreng

Layar Retak, Bongkar Sendiri

Mimpi Yang Bersambung