Skip to main content

Review Pacific Rim. Si Jaeger VS Kaiju

*Hati-Hati Spoiler!*


"Ah, palingan biasa aja." Itu pikiran pertama gue saat pengen ngomongin Pacific Rim. Gue pikir, film ini kayak film ultraman gitu. Dia kuat, monsternya lemah.
Ternyata gue salah.

Beberapa hari yang lalu, gue dan temen SMP sekitar 8 orang pergi nonton Pacific Rim. Iya, gue berubah pikiran karena penasaran. Alhasil nontonlah gue Pacific Rim 3D nya.
Ekspektasi pertama gue saat nonton film ini adalah:
Prolog » Cerita » bikin Jaeger » Kaiju nongol di pertengahan film »Jaeger VS Kaiju » Jaeger menang » Tamat

Ternyata beda banget dari yang gue bayangkan. Gulliermo Del Toro (Director film ini) membuat gue ternganga. Dari mulai:

Cerita
Pas dari prolog, gue sangka dikit doang ngomongin tentang inti film ini dan terus dilanjut dicerita.
Tapi ternyata, sekitar 5-7 menit pertama itu udah dijelasin banyak banget, mulai dari pertama kaiju nongol yang disebut K-Day, kenapa dibuat Jaeger (robot raksasa) dibanyak negara, kenapa yang ngendaliin (pilot) jaeger gak bisa satu orang.. Dll
Disitu digambarin juga bagaimana kehancuran abis munculnya kaiju: jelas, simple, gak banyak buang waktu.

Kerennya adalah gue mengira diawal cuma kaiju nongol, trus ditengah film dibikin jaeger dan berantem deh.

Soalnya di posternya ditulis "To Fight Monsters. We Created Monsters". Ternyata gue salah.
Gue mengharapkan dari awal si Jaeger sama Kaiju udah berantem dan itu beneran terjadi! Gokil! Dari awal film itu udah bikin gue kaget.
Lalu di tengah cerita diceritain si karakter utama alias Raleigh nyari partner pilot baru. *loh yang lama kenapa?* nonton makanya :D

Ketemu lah Raleigh dengan Mako Mori, cewek yang mirip Faith di game Mirror's Edge ini. Dia jadi partnernya buat jalanin Jaeger yang bernama Gipsy Danger.
Oh iya, di film ini manusia membagi kaiju jadi berbagai kategori berdasarkan ukuran yang disebut Serizawa Scale. Nama Serizawa ini bukan dari Crow Zero ya, tapi dari film Gojira tahun 50an kalo gak salah. Yaitu dari ilmuan di film itu yang bernama Dr.Serizawa.

Kaijunya sendiri ada lima kategori. Dari kategori 1-5. Semua kalo gak salah nongol di filmnya. Kalo bukan semua berarti yang kategori 2 gak ada.

Kategori Kaiju

Manusianya juga mempelajari kaiju dan membuat jaeger yang terus menerus di upgrade.

Dari tipe Mark-1 sampai Mark-5. Mark-5 pakai tenaga listrik, digital.
Gipsy Danger masuk kategori Mark-3 pakai reaktor nuklir buat tenaga, analog.

Bukan cuma manusia, kaiju pun mempelajari kita. Dilihat bagaimana cara melawan Jaeger dipertengahan film. Terlihat jelas kalo kaiju juga mempelajari Jaeger. Bukan cuma asal nyerang » Ngancurin » Dibunuh » Mati.

Scene
Mungkin di awal menuju ke pertengahan kurang berasa action-nya. Tapi setelah Raleigh udah sama Mako, actionnya berasa banget! Apalagi Dipsy Dangernya nenteng kapal tanker buat jadi senjata.
Battle Jaeger VS Kaiju pun gak berasa hambar, gue awal mikir Jaeger nongol dipertengahan gak terkalahkan, lalu menjelang akhir Jaegernya sekarat tapi tetep menang.

Etapi gue salah lagi, ternyata dari awal nongol jaeger-nya udah kalah. Dan gerakan Jaegernya pun gak luwes seperti Evangelion atau robot Power Ranger yang ada orang didalem kostumnya, gerakan Jaeger bener-bener robot. Bener-bener mechanicals.

Itu mungkin yang bikin visualisasinya jadi keren dan terkesan nyata.
Scene terkeren (menurut gue) adalah saat ada kaiju yang bisa terbang.

Suara
Dari segi suara, gak jauh beda dari film-film Sci-Fi kebanyakan. Menggelegar. Cetar membahana.
Tapi dari abis nonton film itu sampe sekarang, gue gak bisa lupa sama yang namanya
Soundtracknya. Soundtrack utama yang berjudul sama dengan filmnya ini di Compose oleh Ramin Djawadi.

Gue aja nulis ini sambil dengerin lagunya. Enak!
Keren deh gue keingetan terus. Gak percaya denger aja nih
 

Dialog
Gak begitu ngerti gue tentang ini.
Raleigh mau nyari pasangan pilot Jaegernya. Cara carinya adalah dengan duel pake tongkat.
Dia duel dengan Mako Mori. Setelah duel Raleigh langsung ngerasa cocok sama Mako dan nentuin bahwa dialah yang akan nemenin Raleigh di dalem kesepian Jaeger. Kayak merasa klop gitu.
Lalu di Pacific Rim juga diceritain ada pilot yang sok jago tapi akhirnya respect sama Raleigh. Standar film banget ini ya?

Promosi Film
Dari segi promosi film, bisa dibilang sangat niat.


Disebar di internet gambar-gambar Jaeger/kaiju dan nama-namanya. Walaupun gak semua muncul di film.
Gak cuma gambar dan namanya, Jaegernya pun disebarin Blueprint nya. Keren! Setiap blueprint beda disetiap negara.
Contoh:
Crimson Typhoon dari Hongkong pakai bahasa Cina untuk blueprintnya.
Liat disini 
Cherno Alpha dari Rusia pun gitu. Pake bahasa Rusia untuk penjelasan part-partnya.
Liat disini.

Kekurangan
Kalo ngomongin kekurangan, yang kurang di film ini adalah 3D nya. Karena gue nonton 3D.
Kurang bagus kalo menurut gue. Kalo gak percaya tonton aja.

-------------------------------------
nih, ada bonus Jaeger Fan Made. Dari Indonesia loh:


Nah udah ya,
overall film ini keren! Jauh melebihi ekspektasi gue akan film bertema kaiju. Bagi yang suka nonton ultraman dan Power Ranger saat kecil pasti seneng nonton film ini.
Gue ngarep sih mudah-mudahan ada Pacific Rim 2 dan 3.
Oke, sekian dari gue.

Comments

Popular posts from this blog

Kekuatan Sepuluh Jari!

Dengan sabun cuci Att*ck Easy ibu bisa mencuci dengan kekuatan 10 tangan! Inget kata-kata ini? Tagline di iklan sabun cuci ini mengatakan kalau kita pakai sabun ini, kita akan bisa mencuci dengan 9 tangan tambahan. Bayangin, tangan kita NAMBAH!! Parah banget, kalo gue nyuci pakai itu bisa-bisa gue jadi manusia laba-laba. Ngeri, karena gue gak ganteng. ibu dengan kekuatan 10 tangan Tapi emang ada apasih dengan 10 tangan? Sebenernya gak ada apa-apa sih, soalnya yang mau gue bahas disini adalah 10 jari, bukan 10 tangan, hehe. kesepuluh jari tangan kita itu menakjubkan. Mengapa gue bilang demikian? Seperti salah satu resolusi gue di 2015, gue harus bisa mengetik dengan 10 jari. Mengetik 10 jari itu bisa mempercepat gue untuk mengerjakan tugas dan bahkan untuk blogging sendiri, latihannya pun bikin gue seneng. Entah kenapa gue akhirnya merasakan proses belajar yang terasa menyenangkan di dalam belajar mengetik ini. Asik aja gitu bawaannya. Lalu yang kedua, gue suka banget

Layar Retak, Bongkar Sendiri

Kalian pernah gak sih punya barang baru, lalu rusak 1 minggu kemudian karena kecerobohan kalian sendiri? Jika jawabannya iya, gue pun pernah merusak hape sendiri yang baru berumur beberapa hari. Kejadiannya udah agak lama, sekitar pertengahan 2015. Ceritanya gue baru aja nabung untuk beli hape, lalu kakak ipar yang memang sudah ganti hape menawarkan hape lamanya untuk gue bayarin. Karena gue pikir hapenya lumayan dan harganya jauh di bawah pasar, gue bayarin lah si hape dengan mahar Rp800.000,- Ilustrasi 9to5mac.com Punya hape baru senengnya bukan main, dari yang tadinya diem di kampus. Semenjak pakai hape itu sambil nunggu dosen bisa main game, tapi kesenangan itu hanya sesaat teman-teman. Belum sampai 1 minggu entah kenapa gue bodoh sekali, gue letakan hape gue diatas binder yang lagi gue taruh diatas bangku. Gue pun gak sadar karena lagi nunggu diabsen, tiba-tiba binder biadab itu merosot jatuh yang berarti membawa hape gue ikut bersamanya. Semua yang ada di kelas nengok ke ar

Nyobain Sate Taichan Goreng

Perlu diketahui, gue orang yang jarang main keluar rumah apalagi makan di luar. Mumpung sabtu kemarin gue pergi ke acara Hakabe yang ternyata sepi, gue memanfaatkannya untuk makan di luar juga. Setelah berunding dengan empat teman gue. Akhirnya kita memutuskan untuk makan di Sate Taichan Goreng di daerah Galaxy. Restoran ini katanya milik pacar selebgram yang ultahnya kemarin dibeliin Range Rover dan Iphone 7. Gak peduli sih gue. Tapi kali aja ada yang mau tau. Lokasi Letak restoran ini gak jauh dari Gerbang Galaxy tepatnya di areal Ruko Grand Galaxy City. Gampang dicari dan lumayan deket dari Grand Galaxy Park. Jadi kalo kalian yang abis nonton mau cari makanan bisa kesana. Atau enggak. Suasana Kesan pertama gue masuk tempat ini rasanya sempit. BANGET. Mungkin karena bentuk ruko yang memanjang dan meja yang disusun kiri-kanan dan ditengah sebagai jalan utama (seperti di dalam bis). Pertama masuk mata gue gak dimanjakan oleh apa-apa. Temboknya cuma putih gak didekorasi lagi. saya