Skip to main content

Mari Bahas Windows 10

Baru aja 2 hari yang lalu laptop gue upgrade OS ke Windows 10. Kalo dilihat dari review orang banyak, semua merekomendasikan pengguna Windows 7 dan 8.1 untuk upgrade ke 10. Tapi emangnya sebagus itu? Menurut pengalaman gue berasik-asik ria sekitar 24 jam dengan OS baru, bisa dibiilang gue senang dan agak gak senang. Agak labil memang, tapi apa penyebabnya gue bisa jadi ABG labil? Mari dibahas.

Ini yang bikin gue senang. Upgrade dari OS lama gue (Windows 8.1 Pro 32-Bit) ke Windows 10 lancar. Cuma lewat Windows Update, mulai download (sekitar 2GB) dan gue tunggu sekitar 6 jam (karena internet Spidol yang cuma 2Mbps) dan akhirnya masuk Windows 10. Gampang. Desktop app yang gue install sebelumnya di Windows 8.1 pun lancar. VLC, BitTorrent, Firefox, Chrome, winrar, Foxit Reader, Notepad++, dan Steam lancar.

UI-nya juga bagus. Gue suka tampilannya, bisa dibilang jika Windows 7 dan Windows 8 kawin dan punya anak, Windows 10 inilah anaknya. Gak tau kenapa gue jadi pakai analogi ini tapi yasudahlah. Tampilannya simple dengan gayanya yang flat. Windows App (aplikasi yang download dari Windows Store) pun sekarang jalan di desktop (windowed), gak seperti di Windows 8 yang memaksa kita untuk menjalankan app pada kondisi full screen. Aplikasinya bagus, salah satu yang gue suka adalah music player-nya, Yaitu Groove Music. Tampilannya lebih bagus ketimbang Windows Media Player dan navigasinya juga asik.
Groove Music
Setting Windows pun gampang dijelajah. Start Menu bisa diresize, dipendekin, dipanjangin, dan dilebarin. Adanya fitur buat nambahin virtual desktop juga bisa sangat berguna buat yang suka multi-tasking. Login ke desktop juga gak perlu ngetik password Outlook yang panjang, tinggal pakai PIN number, atau bisa menggunakan Microsoft Hello yang menggunakan sidik jari dan mata kalian untuk login. Well, gue coba pakai fitur sidik jari dan lancar-lancar aja, lebih gampang daripada fingerprint scanner di Windows 8.1.
Start Menu dengan Live Tiles
bisa tambah Virtual Dekstop dipojok kanan bawah
Gue juga suka browser baru Microsoft, yaitu Microsoft Edge. Fitur-fiturnya menurut gue cukup untuk menyaingi browser-browser yang sudah ada. Ada fitur reading mode yang bikin webpage jadi ringkas dan enak buat dibaca dan ada juga fitur Web Note yang fungsinya buat corat-coret webpage. Iya, bisa kok. Kalian bisa gambar tit*t di web manapun. Ya walaupun performanya saat browsing masih kalah dari Firefox dan Chrome. Gue test di html5test.com pun hasilnya Edge dapet nilai paling kecil, cuma 402. Kalah sama Firefox yang dapat 477 dan Chrome yang superior di 526. Whatsapp Web pun belom mendukung browser ini. Plug-ins dan Add-ons juga belum ada. Tapi gue kagum mengingat browser ini masih versi awal. Edge bisa menjadi browser sehari-hari jika kalian pengen, gak seperti saudaranya (Internet Explorer) yang fungsinya cuma untuk download browser lain.
Corat-coret Edge
Sekarang mari bahas Cortana, salah satu fitur yang ditunggu-tunggu kehadirannya di Windows 10. Menurut gue Cortana itu lumayan bagus, dia menjalankan fungsinya sebagai digital-asistant dengan baik. Nyaris sama fungsinya dengan Google Now (Android) dan Siri (iOS). Tapi entah kenapa Cortana gak mau ngomong sama gue, mungkin karena gue terlalu tamvan. Dan saat gue coba fitur voice command pada Cortana, laptop gue langsung BSoD. Blue Screen. Ada emot cemberut yang ganggu banget dan langsung restart. Sampai sekarang tiap gue klik ikon mic di Cortana, laptop gue langsung restart. Mungkin driver mic gue yang gak support atau memang bug pada Windows 10 yang belum diperbaiki, entahlah. Yang pasti gue gak bisa coba fitur Cortana seutuhnya.
Cortana
Ngomong soal BSoD, terhitung dari waktu update gue sudah 3x BSoD. 1x karena Cortana, 2x karena Project 64. Entah kenapa pas gue mau main Zelda di emulator Nintendo 64 itu, gue beberapa kali BSoD. Entahlah, mungkin driver yang gak kompatibel. Tapi intinya gue senang upgrade ke Windows 10. Ada beberapa bug seperti saat menggeser live tiles, kotak warna-warni itu hilang. Ada juga hal yang gak gue suka seperti ikon Recycle Bin dan This-PC yang bisa dibilang jelek, Cortana yang belum bisa dipakai sepenuhnya, driver issues (atau bug Windows?) yang bikin BSoD berkali-kali dan juga update software yang gak bisa dinonaktifkan.
Blue Screen of Death alias BSoD
Gue merekomendasikan semua pengguna Windows 7 dan 8.1 untuk upgrade ke WIndows 10. Tapi mungkin tunggu beberapa bulan agar bug yang ada sudah diperbaiki. Lagipula, Windows 10 itu bisa upgrade gratis selama satu tahun pertama. Jadi ya, ambil saja. #CintaGratisan

Comments

  1. Terima kasih infonya, bang.

    ReplyDelete
  2. Dika, Abis baca mata gue langsung jereng. Keren banget sih topiknya, otak gue aja kali ya gak nyampe :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalah gue ini.. ini cuma topik biasa kok, cuma ngebahas OS baru :(

      Delete
  3. gue masih bertahan di 81.

    alasannya simpe.. males update wkwkwk

    ngomong2 cortana jadi inget Lumia deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan update sekarang, jangan.. masih ada bug dan isu privasi :(

      Delete
  4. Apa-apaan BSoD-nya masa gitu :(
    Pengin upgrade, gue masih pake 8.1 fuh. Cuma yhaaa, mending gue fokus biar notebook gue gak patah dulu aja kali yha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. tau gue nemu app di windows store buat edit BSoD :D

      kayaknya sih gitu, Wi. Oh iya, kami bersedia membantu ;)

      Delete
  5. Emaang deh masih banyak bug-nya kayaknya. Waktu itu laptop temen juga gitu. Tiba-tiba wallpapernya ke resize sendiri, icon-iconnya yang di pojokan ngilang deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu yang Preview build bang. Selama gue pake sih gak begitu.. tapi ya emang masih banyak bug sih. sama uninstall software aja nyarinya susah -_-

      Delete
  6. Tae, itu apaan gambar titit juga bisa. :(
    Pake edit kalimat terlalu tamvan pula. Wanjeeerrr.

    Duh, gue masih belum berani apdet-apdet gitu. Laptop gue spesifikasinya kan cupu. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupakan, Yog. Lupakan :))

      gue aja cupu banget ini laptop.. streaming youtube 1080p 60fps aja patah patah, langsung lemot -_-

      Delete
  7. Keren nih kayanya, akumah apa atuh gak berani dan gak bisa apdet apdetan akhirnya bertahan di windows 7 aja. Tapi kok abis baca ini rasanya jadi tertarik mau apdet ke anaknya windows 7 :3

    Terimakasih infonya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. update aja.. siapa tau suruh bayar windows 10 ori :)))

      Delete
  8. boleh juga nih, tapi masih nyaman ama yang windows 7 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah emang kalo udah nyaman, apalagi sayang.

      Delete
  9. duh telat komen nih kayanya.
    update windows 10 boros kuota ah. gue update windows 8 aja belum kasampean ini udah windows 10 aja dik huhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba update dong.. gue ada nih installernya :D
      *Telat amat gue balesnya, baru sadar*

      Delete
  10. Om... kalau windows 10 berat. Malah gue pengin windos explo

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya lebih berat beban idup deh, Ziz

      Delete
  11. Kayanya tampilan windows 10 lebih keren dibanding windows 8 dan 7 tapi apa daya gue masih betah dengan windows 7 wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaudah.. bebas kok pilih OS apa aja.. yang penting nyaman :p

      Delete
  12. jujur yah gue udah berencana upgrade ke win 10 sejak beberapa minggu lalu, karna di pojok bawah desktop gue (bener gak nih bahasanya) ada notif buat upgrade ke win 10 tapi gue gak ngeh gimana gunainnya dan cara donlotnya, dan pas buka post ini baru gue tau ternyata donlotnya cukup di "windows update' sajah hahah, dan gue kesampean juga nyicip win 10 plus donlotnya gak lama, selama lo donlot :p lucky me.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu notification tray kali ya? :D
      bagus lah kalo kayak begitu.. gue downloadnya lama banget :(

      Delete
  13. Salm bang dik, makasih ini atas link webnya waktu itu ya di grup wa, jadinya bisa mampir sebentar dimari :))
    udah ane follow juga dik blog mu ini,,

    Ngomong2 tentang windows 10 , ane belum nyobain gimana "Rasa" UI nya,, kira@ lebih enakan windows 8 apa 10 dick untuk tampilan awal dan menu startnya ?? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga bang Syah! :D
      okedeh.. nanti di follow juga blognya

      mending windows 10 deh dibanding 8 mah.. jauh :))

      Delete
  14. Ish, gue kapok pake Win 10. BSoD nya gila, dan yang bikin skak mat itu critical errornya yang muncul dari cortanah. Bujugggg, gue pikir ini OS paling fail. Hemm. UI nya bagus sih dan ga seribet di Win 8-8.1. Ini gue betah-betahin aja pake seven. #FYI sebelumnya ane juga pake hackintosh OS X Yosemite 10.10.5 mantabbbbbb....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya sama! Haha
      Tapi karena Cortana di nonaktifin ya gak masalah sih.. Yang paling fail kayaknya Vista deh :)

      Wah Hackintosh belom nyoba.. gak punya processor intel soalnya :D

      Delete
  15. Masih stay di seven hehehe males ganti ui takut kaku hahaha

    Watch movie

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan komentar, cerita, curhat juga boleh. Yang penting bukan spam. Semoga hari kalian menyenangkan!

Salam hangat dari Om.

Popular posts from this blog

Kekuatan Sepuluh Jari!

Dengan sabun cuci Att*ck Easy ibu bisa mencuci dengan kekuatan 10 tangan! Inget kata-kata ini? Tagline di iklan sabun cuci ini mengatakan kalau kita pakai sabun ini, kita akan bisa mencuci dengan 9 tangan tambahan. Bayangin, tangan kita NAMBAH!! Parah banget, kalo gue nyuci pakai itu bisa-bisa gue jadi manusia laba-laba. Ngeri, karena gue gak ganteng. ibu dengan kekuatan 10 tangan Tapi emang ada apasih dengan 10 tangan? Sebenernya gak ada apa-apa sih, soalnya yang mau gue bahas disini adalah 10 jari, bukan 10 tangan, hehe. kesepuluh jari tangan kita itu menakjubkan. Mengapa gue bilang demikian? Seperti salah satu resolusi gue di 2015, gue harus bisa mengetik dengan 10 jari. Mengetik 10 jari itu bisa mempercepat gue untuk mengerjakan tugas dan bahkan untuk blogging sendiri, latihannya pun bikin gue seneng. Entah kenapa gue akhirnya merasakan proses belajar yang terasa menyenangkan di dalam belajar mengetik ini. Asik aja gitu bawaannya. Lalu yang kedua, gue suka banget

Layar Retak, Bongkar Sendiri

Kalian pernah gak sih punya barang baru, lalu rusak 1 minggu kemudian karena kecerobohan kalian sendiri? Jika jawabannya iya, gue pun pernah merusak hape sendiri yang baru berumur beberapa hari. Kejadiannya udah agak lama, sekitar pertengahan 2015. Ceritanya gue baru aja nabung untuk beli hape, lalu kakak ipar yang memang sudah ganti hape menawarkan hape lamanya untuk gue bayarin. Karena gue pikir hapenya lumayan dan harganya jauh di bawah pasar, gue bayarin lah si hape dengan mahar Rp800.000,- Ilustrasi 9to5mac.com Punya hape baru senengnya bukan main, dari yang tadinya diem di kampus. Semenjak pakai hape itu sambil nunggu dosen bisa main game, tapi kesenangan itu hanya sesaat teman-teman. Belum sampai 1 minggu entah kenapa gue bodoh sekali, gue letakan hape gue diatas binder yang lagi gue taruh diatas bangku. Gue pun gak sadar karena lagi nunggu diabsen, tiba-tiba binder biadab itu merosot jatuh yang berarti membawa hape gue ikut bersamanya. Semua yang ada di kelas nengok ke ar

Nyobain Sate Taichan Goreng

Perlu diketahui, gue orang yang jarang main keluar rumah apalagi makan di luar. Mumpung sabtu kemarin gue pergi ke acara Hakabe yang ternyata sepi, gue memanfaatkannya untuk makan di luar juga. Setelah berunding dengan empat teman gue. Akhirnya kita memutuskan untuk makan di Sate Taichan Goreng di daerah Galaxy. Restoran ini katanya milik pacar selebgram yang ultahnya kemarin dibeliin Range Rover dan Iphone 7. Gak peduli sih gue. Tapi kali aja ada yang mau tau. Lokasi Letak restoran ini gak jauh dari Gerbang Galaxy tepatnya di areal Ruko Grand Galaxy City. Gampang dicari dan lumayan deket dari Grand Galaxy Park. Jadi kalo kalian yang abis nonton mau cari makanan bisa kesana. Atau enggak. Suasana Kesan pertama gue masuk tempat ini rasanya sempit. BANGET. Mungkin karena bentuk ruko yang memanjang dan meja yang disusun kiri-kanan dan ditengah sebagai jalan utama (seperti di dalam bis). Pertama masuk mata gue gak dimanjakan oleh apa-apa. Temboknya cuma putih gak didekorasi lagi. saya