Belajar dari Kojima dan Konami

Hideo Kojima dikenal karena membuat game yang luar biasa, Metal Gear. Salah satu otak kreatif dibalik kesuksesan game tersebut dari segi cerita dan gameplay. Reputasinya pun bisa dibilang sudah tidak diragukan lagi. Tapi apakah itu semua membuat Konami sebagai publisher Metal Gear selalu mengikuti apa mau Kojima?
www.newyorker.com
Mari kita ambil kasus dari game terakhir Kojima yang belum lama rilis, Metal Gear Solid V: The Phantom Pain. Game ini adalah salah satu yang dibicarakan bukan hanya karena ditunggu-tunggu, tetapi juga karena adanya rumor minggatnya Hideo Kojima selaku perancang game. Pada bulan Maret lalu, Konami menghapus semua branding Kojima pada game tersebut. Maksudnya apa? Sebelum adanya penghapusan branding, pada web dan cover game Metal Gear Solid V tertuliskan "A Hideo Kojima Game" dan menunjukan logo Kojima Productions. Logo dan tulisan itu mendadak lenyap begitu saja, lalu pada bulan yang sama Kojima Productions Los Angeles berganti nama menjadi Konami Los Angeles Studio dan twitter resmi Metal Gear pun pindah akun. Hal ini membuat fans mengira-ngira jika Kojima akan keluar dari Konami dan akan lepas tangan dalam pembuatan Metal Gear Solid V: The Phantom Pain. Beberapa hari setelah kejadian itu, ada rumor yang mengatakan bahwa Kojima dan beberapa orang lainnya keluar dari Konami setelah merilis Metal Gear Solid V: Phantom Pain.
Klik agar kelihatan bedanya. from www.cideogamer.com
Menanggapi hal tersebut, Kojima dan Konami membuat pernyataan bersama yang berisi bahwa Hideo Kojima akan tetap 100% terlibat dalam pembuatan game. Tapi Konami tidak memberi kejelasan kepada media bagaimana status Hideo Kojima di dalam perusahaan. Selang beberapa hari, Konami mengabarkan bahwa mereka sedang mengerjakan dan mencari orang untuk seri terbaru Metal Gear. Kojima juga mengatakan bahwa The Phantom Pain adalah penutup saga Metal Gear dari tahun 1987. Hal ini menguatkan rumor keluarnya Kojima dari Konami, meskipun statusnya sampai sekarang masih menjadi Wakil Presiden Konami Computer Entertainment Jepang.

3 Desember kemarin, Metal Gear Solid V: The Phantom Pain mendapat penghargaan dalam acara The Game Awards 2015. Game tersebut mendapat penghargaan sebagai Best Soundtrack dan Best Action/Adventure dan dinominasikan dalam kategori Game of The Year meskipun kalah dari The Witcher 3: Wild Hunt. Sayangnya, Hideo Kojima selaku perancang tidak hadir dalam acara tersebut. Geoff Keighley yang merupakan pembawa acara pada acara The Game Awards, mengungkapkan alasan Hideo Kojima tidak bisa hadir. Mas Koji dilarang hadir oleh Konami karena jika Kojima hadir, maka dia akan melanggar kontraknya (dengan game/perusahaan). Tamu yang hadir pada malam itu hampir semuanya langsung menyoraki Konami dan dilanjutkan memberi tepuk tangan kepada Kojima.

Apa yang bisa kita pelajari dari kasus ini? Tidak semua yang kalian kerjakan atau usahakan hasilnya akan sesuai dengan keinginan. Sesuatu/seseorang yang bisa membuat kita nyaman dan berkembang juga bisa saja membuang kita dan tidak menghargai usaha kita lagi. Meskipun status Kojima digantungkan, dia tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menuntaskan apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Orang lain bisa saja sangat peduli kepada Kojima meskipun kita tidak mengetahui apa yang menjadi masalah utama di dalam perusahaan. Kadang bukan karena alasan kenyamanan dan sudah berapa lama (Kojima menjabat), bisa saja karena Konami dan Kojima sudah berbeda jalannya.

Comments

  1. baru tau gue ternyata yang buat metal gear itu si kojima :D
    agak sedih juga yak, konaminya malah giru lagi =( kasian kojima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasian emang.. tapi gapapa lah. Toh Kojima dapet dukungan moral dari penggemarnya :D

      Delete
  2. Gue dari tadi baca Kojima, kok, kayak nama obat batuk ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perasaan obat batuk itu woods deh :|

      Delete
    2. Konimex mah nama perusahaannya :(
      obatnya konidin :(

      Delete
  3. Bukan gamer, ngomongin game gak ngerti gue. kojima siapanya Jima ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaudah jangan dipahami. Nanti pusing sendiri, Ziz.Hahaha

      Jima tuh siapa? Saudaranya Koji? Apa Hima? Hina? Muna? Mayora? Khong Guan? Roma? Richeese? Tau dah. :(

      Delete
  4. jadi.. konami itu diambil dari nama orang toh... baru tau. dulu pernah main beberapa game di gameboy yang diawali dengan tulisan konami

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Konami itu singkatan 3 pendirinya Kagemasa Kouzuki, Yoshinobu Nakama, dan Tatsuo Miyasako.
      ah kangen gameboy.. kangen main pokemon :(

      Delete
  5. See? Tapi yang orang lihat tetep Kojimanya, bukan Konaminya. Weeeek. \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. Kayaknya Konami jadi ikutan artis Indonesia, bikin skandal biar terkenal. Konami malah fokus di mesin pachinko sama mobile.

      Ya penggemarnya pada dukung Kojima lah, soalnya banyak yang masa kecilnya diisi sama game-game Kojima :D

      Delete
    2. Termasuk gue! Maen MGS di ps 1 muahaha. Meskipun jaman dulu gak kenal si Kojima kojima ini sih.

      Delete
  6. Gue bukan anak game, nih. Jadi kurang tahu. Btw, gara-gara tulisan ini gue jadi tahu soal yang bikin game Metal Gear ehehe. Kojima keren, ya. Tetep bertanggung jawab meskipun sudah diperlakukan semena-mena. :')

    Sesuatu/seseorang yang bisa membuat kita nyaman dan berkembang juga bisa saja membuang kita dan tidak menghargai usaha kita lagi
    Sumpah itu bener banget. Gue juga mulai ngerasain itu pas dulu ngantor. Usaha gue untuk berjuang dalam kerja terasa nggak dihargain lagi. Makanya mulai resign. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal game keren itu Yog. Coba main deh.. di PS2 ada kok :D

      Nah makanya.. gak usah kerja kantoran :D

      Delete
  7. Yang diberi respect tetap kojimanya tapi kan?
    Wkwkwkwk....

    ReplyDelete
  8. Mungkin Game Metal Gear yang berikutnya tidak akan sepopuler Solid Gear yang kelima atau yang sebelum'a kalo Hideo Kojima gak ikut dalam projeck berikut'a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya begitu.. soalnya konami udah gak fokus sama pembuatan game AAA

      Delete
  9. Pertama main metal gear solid di psx, memukau banget.

    Kalo udah kayak gini sih biasanya karena perbedaan idealisme.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya diliat dari sisi ekonominya sih.. soalnya Konami bisnisnya banyak dan pembuatan game besar kayak Metal Gear, itu kurang menguntungkan

      Delete
  10. Semoga ga sampe konflik ya mengingst karya udah besar hrhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kojima sekarang sudah bikin studio sendiri kok.. sudah bebas dari Konami :D

      Delete
  11. Sayangnya saya bukan gamers...

    ReplyDelete
  12. Semoga kerjasama dgn sony Kojima makin keren hahaha

    Watch movie free

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan komentar, cerita, curhat juga boleh. Yang penting bukan spam. Semoga hari kalian menyenangkan!

Salam hangat dari Om.

Popular posts from this blog

Nyobain Sate Taichan Goreng

Layar Retak, Bongkar Sendiri

Poke Ball Desain Datar