Skip to main content

ASAP Launcher, Launcher Paling Enak?

Gue lagi mencoba salah satu launcher yang agak aneh, yaitu ASAP Launcher. Karena launcher ini berasa familiar di mata tapi agak berbeda sewaktu penggunaan. Launcher ini tidak memiliki widget dan app folder, cuma tok di homescreen. Tetapi, selama kurang lebih 2 minggu bisa dibilang launcher ini sangat menyenangkan.
Tampilan awal
widget diganti
quick setting
Tampilan homescreennya sangat sederhana, hanya diisi dock aplikasi dan widget yang menunjukkan tanggal, jam, dan cuaca pada bagian atas, widget tersebut tidak bisa dihapus tetapi bisa diganti dengan jam dengan cara swipe widget keatas.

Untuk memasuki app drawer bisa dilakukan dengan swipe dari tepi layar kiri atau menyentuh tombol back pada kondisi layar seperti diatas. Swipe dari tepi layar kanan akan menampilkan quick setting. Swipe keatas dari dock akan memunculkan aplikasi yang sering kita gunakan ataupun yang kita pin, ASAP Launcher menyebutnya dock drawer.
App Drawer
Dock Drawer
Sayangnya, dock drawer hanya bisa dijejelin 15 aplikasi dan tidak bisa dibuat folder. Karena gue sering menggunakan lebih dari 15 aplikasi dan mengategorikannya dalam beberapa folder, sangat disayangkan fitur ini absen dalam ASAP
.
Contact
Weather
Swipe ke kiri dari homescreen akan menampilkan calendar event dan swipe ke kiri lagi menampilkan todo list.
Calendar
Todo List
Launcher ini tidak bisa menambahkan halaman pada homescreen yang biasa ditambahkan dengan cara menekan layar. Menekan layar hanya bisa digunakan untuk mengganti wallpaper. Sebagai pengganti halaman, ASAP menggunakan Cards. Cards ibaratnya widget yang ditampilkan dengan kondisi layar penuh (fullscreen).

Secara default, cards yang disediakan ada empat buah yang dipisahkan menjadi 2 di sebelah kiri homescreen dan 2 di sebelah kanan. 4 Cards ini bisa diatur ulang posisinya dan juga bisa dihapus jika merasa tidak perlu.
Cards
Cards
Karena gue pakai ASAP Launcher versi gratisan, pengaturan yang disediakan hanya untuk mengganti tema, highlight color, dan untuk menyembunyikan aplikasi. Tema ini terdiri dari Default, Light, Dark, Day/Night, Wallpaper, dan Black. Day/night akan mengganti tema menjadi light atau dark secara otomatis sesuai waktunya, jika siang berarti light dan jika malam berubah jadi dark, Wallpaper mengganti warna dengan menyesuaikan warna wallpaper yang kita gunakan. Gue secara pribadi lebih suka memakai tema wallpaper karena fleksibilitasnya dalam menyocokkan warna.
Setting
Tema dan Highlight
Macam tema
Sesuai namanya, launcher ini memungkinkan kita bernavigasi secara cepat, As Soon As Possible. ASAP Launcher memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi launcher terbaik tahun ini dari fitur dan kecepatan navigasi. Tetapi sangat disayangkan tidak adanya fitur folder membuat gue kembali memakai launcher bawaan.

Lalu launcher ini cocok untuk siapa? Gue pun tidak tahu, mungkin bagi kalian yang jarang memakai banyak aplikasi dan widget gue sarankan untuk mencoba ASAP launcher. Karena menurut gue, ASAP Launcher adalah salah satu launcher paling enak untuk digunakan.

Comments

Popular posts from this blog

Layar Retak, Bongkar Sendiri

Kalian pernah gak sih punya barang baru, lalu rusak 1 minggu kemudian karena kecerobohan kalian sendiri? Jika jawabannya iya, gue pun pernah merusak hape sendiri yang baru berumur beberapa hari. Kejadiannya udah agak lama, sekitar pertengahan 2015. Ceritanya gue baru aja nabung untuk beli hape, lalu kakak ipar yang memang sudah ganti hape menawarkan hape lamanya untuk gue bayarin. Karena gue pikir hapenya lumayan dan harganya jauh di bawah pasar, gue bayarin lah si hape dengan mahar Rp800.000,-
Punya hape baru senengnya bukan main, dari yang tadinya diem di kampus. Semenjak pakai hape itu sambil nunggu dosen bisa main game, tapi kesenangan itu hanya sesaat teman-teman. Belum sampai 1 minggu entah kenapa gue bodoh sekali, gue letakan hape gue diatas binder yang lagi gue taruh diatas bangku. Gue pun gak sadar karena lagi nunggu diabsen, tiba-tiba binder biadab itu merosot jatuh yang berarti membawa hape gue ikut bersamanya.

Semua yang ada di kelas nengok ke arah gue. Karena agak menahan …

Nyobain Sate Taichan Goreng

Perlu diketahui, gue orang yang jarang main keluar rumah apalagi makan di luar. Mumpung sabtu kemarin gue pergi ke acara Hakabe yang ternyata sepi, gue memanfaatkannya untuk makan di luar juga. Setelah berunding dengan empat teman gue. Akhirnya kita memutuskan untuk makan di Sate Taichan Goreng di daerah Galaxy. Restoran ini katanya milik pacar selebgram yang ultahnya kemarin dibeliin Range Rover dan Iphone 7. Gak peduli sih gue. Tapi kali aja ada yang mau tau.
Lokasi Letak restoran ini gak jauh dari Gerbang Galaxy tepatnya di areal Ruko Grand Galaxy City. Gampang dicari dan lumayan deket dari Grand Galaxy Park. Jadi kalo kalian yang abis nonton mau cari makanan bisa kesana. Atau enggak.

Suasana Kesan pertama gue masuk tempat ini rasanya sempit. BANGET. Mungkin karena bentuk ruko yang memanjang dan meja yang disusun kiri-kanan dan ditengah sebagai jalan utama (seperti di dalam bis). Pertama masuk mata gue gak dimanjakan oleh apa-apa. Temboknya cuma putih gak didekorasi lagi. sayang bang…

Mimpi Yang Bersambung

Pernah gak sih kalian mimpi? Pasti pernahlah ya, tapi kalau mimpi itu membuat sebuah cerita dan ceritanya bersambung di mimpi selanjutnya? Pasti jarang-jarang yang kayak gini. Tapi mungkin karena gue ganteng, jadinya mengalami mimpi yang cukup aneh ini.
Ceritanya gini, gue awal mimpi itu inget banget ceritanya, pokoknya di tahun 2014 di suatu bulan yang gue lupa. Gue tertidur lelap, tiba-tiba gue sudah berada di suatu taman kota menggandeng cewek berkerudung yang gak gue inget mukanya. Padahal jarang-jarang banget gue gandeng cewek, rejeki banget tuh tapi sayang gue lupa mukanya. Tiba-tiba tanpa ada peringatan apapun, cewek itu membawa gue ke suatu rumah yang gue gak tau itu rumah siapa, tapi pas gue diajak masuk sama cewek itu ternyata penghuni rumah adalah keluarga gue. Satu keluarga penuh! Emak, Bapak, dan dua kakak. Gue waktu itu lumayan bingung ada apaan ini, entah kenapa gue bisa mikir di dalem mimpi? Lalu bokap gue ngomong
"Jadi ini cewek yang kamu mau nikahin?" *Den…