ASAP Launcher, Launcher Paling Enak?

Gue lagi mencoba salah satu launcher yang agak aneh, yaitu ASAP Launcher. Karena launcher ini berasa familiar di mata tapi agak berbeda sewaktu penggunaan. Launcher ini tidak memiliki widget dan app folder, cuma tok di homescreen. Tetapi, selama kurang lebih 2 minggu bisa dibilang launcher ini sangat menyenangkan.
Tampilan awal
widget diganti
quick setting
Tampilan homescreennya sangat sederhana, hanya diisi dock aplikasi dan widget yang menunjukkan tanggal, jam, dan cuaca pada bagian atas, widget tersebut tidak bisa dihapus tetapi bisa diganti dengan jam dengan cara swipe widget keatas.

Untuk memasuki app drawer bisa dilakukan dengan swipe dari tepi layar kiri atau menyentuh tombol back pada kondisi layar seperti diatas. Swipe dari tepi layar kanan akan menampilkan quick setting. Swipe keatas dari dock akan memunculkan aplikasi yang sering kita gunakan ataupun yang kita pin, ASAP Launcher menyebutnya dock drawer.
App Drawer
Dock Drawer
Sayangnya, dock drawer hanya bisa dijejelin 15 aplikasi dan tidak bisa dibuat folder. Karena gue sering menggunakan lebih dari 15 aplikasi dan mengategorikannya dalam beberapa folder, sangat disayangkan fitur ini absen dalam ASAP
.
Contact
Weather
Swipe ke kiri dari homescreen akan menampilkan calendar event dan swipe ke kiri lagi menampilkan todo list.
Calendar
Todo List
Launcher ini tidak bisa menambahkan halaman pada homescreen yang biasa ditambahkan dengan cara menekan layar. Menekan layar hanya bisa digunakan untuk mengganti wallpaper. Sebagai pengganti halaman, ASAP menggunakan Cards. Cards ibaratnya widget yang ditampilkan dengan kondisi layar penuh (fullscreen).

Secara default, cards yang disediakan ada empat buah yang dipisahkan menjadi 2 di sebelah kiri homescreen dan 2 di sebelah kanan. 4 Cards ini bisa diatur ulang posisinya dan juga bisa dihapus jika merasa tidak perlu.
Cards
Cards
Karena gue pakai ASAP Launcher versi gratisan, pengaturan yang disediakan hanya untuk mengganti tema, highlight color, dan untuk menyembunyikan aplikasi. Tema ini terdiri dari Default, Light, Dark, Day/Night, Wallpaper, dan Black. Day/night akan mengganti tema menjadi light atau dark secara otomatis sesuai waktunya, jika siang berarti light dan jika malam berubah jadi dark, Wallpaper mengganti warna dengan menyesuaikan warna wallpaper yang kita gunakan. Gue secara pribadi lebih suka memakai tema wallpaper karena fleksibilitasnya dalam menyocokkan warna.
Setting
Tema dan Highlight
Macam tema
Sesuai namanya, launcher ini memungkinkan kita bernavigasi secara cepat, As Soon As Possible. ASAP Launcher memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi launcher terbaik tahun ini dari fitur dan kecepatan navigasi. Tetapi sangat disayangkan tidak adanya fitur folder membuat gue kembali memakai launcher bawaan.

Lalu launcher ini cocok untuk siapa? Gue pun tidak tahu, mungkin bagi kalian yang jarang memakai banyak aplikasi dan widget gue sarankan untuk mencoba ASAP launcher. Karena menurut gue, ASAP Launcher adalah salah satu launcher paling enak untuk digunakan.

Comments

Popular posts from this blog

Nyobain Sate Taichan Goreng

Layar Retak, Bongkar Sendiri

Mimpi Yang Bersambung